Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Selamat malam agan semua, pada kesempatan kali ini, admin bakalam bagiiin mengenai "Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli", mudah-mudahan postingan kali ini bermanfaat untuk agan semua dan membawa berkah. Langsung saja di baca atikel mengenai "Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli" di bawah ini.
pebgertian globalisasi pelajar kampus

Globalisasi adalah suatu proses untuk meletakkan dunia di bawah satu unit yang sama tanpa dibatasai oleh wilayah dan kedudukan geografi sebuah negara. Melalui proses ini, dunia akhirnya tidak lagi mempunyai wilayah dengan ruang udara, karena langit suatu negara terbuka luas untuk dimasuko oleh berbagai perantara media komunikasi seperti internet, media elektronik, dan teknologi siber. Perkembangan ini memungkinkan perhubungan di antara subuah negara dengan negara lain dan perhubungan sesama manusia dapat dilakukan dalam waktu singkat.
Globalisasi dalam arti literal adalh sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterikatan di antara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang menfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.
Globalisasi merupakan fenomena berwajah majemuk. Tidak heran sebagian besar khayalak hanya mengangkap potongan –potongan gejalanya. Secara umum globalisasi adalah proses di mana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antarmanusia di dunia ini semakin besar.
Adapun pengertian atau definisi globalisasi menurut para ahli atau para pakar adalah sebagai berikut.

  1. Menurut A. G. McGrew, globalisasi mengacu pada keserbaragaman hubungan dan keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia lainnya.
  2. Menurut Eikipedia Encyclopedia, globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (change) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).
  3. Menurut Bank Dunia, globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain.
  4. Menurut IMF, globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkatnya dan beragamnya volumetransaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat (IMF, World Economic Outlook, Mei 1997).
  5. Menurut Malcoln Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan susoal budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.
  6. Menurut Thomas L. Friedman, globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi, yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
  7. Menurut Prienceton N. Lyman, globalisasi adalah pertumguhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  8. Menurut Leonor Briones, demokrasi bukan hanya dalam bidang peniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi terhadap institut-institut demokrasi, pembangunan sosial , hak asasi manusia, dan pergerakan wanita.
Itulah sedikit mengenai "Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli", semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk admin dan agan sekalian, sekian dan terima kasih.

Post a Comment

0 Comments