Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Pada kesempatan kali ini, ane bakalah mengebagiin sedikit materi untuk para yang membutuhkan terutama untuk yang masih duduk di bangku SMP. kenapa saya mengutamakan SMP karena postingan ini adalah pelajaran di tingkat SMP. Tidak usah berlama-lama lagi silahkan dibaca artikel "Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan" ini.
gerak pada tumbuhan pelajar kampus

A. Gerak Autonom (endonon)
Gerak autonom belum diketahui sebabnya. Gerak ini diperkirakan karena rangsang yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan sendiri. Contoh gerak autonom sebagai berikut.

1. Gerak aliran sitoplasma dalam sel, misalnya pada daun hydrilla verticilla yang membentuk aliran siklus (melingkar)
2. Gerak tumbuhan ketika tumbuh, misalnya tumbuhan akar, batang, daun, dan bunga.
3. Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.

B. Gerak Etionom
Gerak etionom yaitu gerak yang dipengaruhi rangsang dari luar tubuh tumbuhan. Gerak etionom dibedakan menjadi tiga yaitu gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.

1. Tropi atau Tropisme
Tropi yaitu gerak yang dipengaruhi arah datangnya rangsang. Berdasarkan macam rangsang, tropi dibedakan atas empat macam seperti berikut.

  • Geotropi (rangsang berupa gaya tarik bumi), yaitu gerak yang disebabkan oleh pengaruh gaya tarik bumi. Contoh geotropi antara lain, ujung kar tumbuh menuju gaya grafitasi bumi. Gerak ini disebut geotropi positif. Sebaliknya ujung batang tumbh ke atas menjauhi gaya gravitasi bumi disebut geotropi negatif.
  • Fototropi atau heliotropi (rangsang berupa cahaya matahari), yaitu gerak yang disebabkan oleh pengaruh datangnya cahaya matahari. Contoh fototropi adalah tanaman yang tumbuh membelok menuju sumber cahaya.
  • Hidrotropi (rangsang berupa air), yaitu gerak yang disebabkan oleh rangsang air. Contoh hidrotropi adalah gerak akat menuju ke tempat yang berair.
  • Tigmotropi atau haptotropi (rangsang berupa pesinggunan), yaitu gerak yang disebabkan oleh pengaruh persinggungan dengan benda lain. Contoh dari tigmotropi atau haptotropi adalah gerak membelok atau membelitnya ujung batang atau sulur pada kacang panjang dan mentimun.

2. Taksis
Taksis yaitu berpindah tempat sebagian atau seluruh bagian tumbuhan. Gerak taksis ada yang menuju rangsang (gerak positif) dan ada yang menjauhi rangsang (gerak negatif). Berdasarkan macam rangsang, taksis dibedakan menjadi dua macam yaitu kemotaksis dan fototaksis.

  • Kemotaksis (rangsangan berupan bahan kimia), yaitu gerak yang disebabkan karena rangsang berupa zat kimia. Contoh kemotaksis adalah spermatozoid pada tumbuhan lumut dan paku menuju ke sel telur yang terdapat dalam arkegonium. Bergeraknya spermatozoid ini karena tertarik gula atau protein yang dihasilkan arkegonium.
  • Fototaksis (rangsangan berupa cahaya), yaitu gerak yang disebabkan karena rangsangan berupa cahaya. Contoh fototaksis adalah gerak kloroplas ke sisi sel yang mendapat cahaya dan gerak spora berflagela menuju tempat terang, gerak Spirogyra sp. ke tempat terang

3. Nasti
Nasti yaitu gerak tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi arah rangsang, tetapi ditentukan oleh tumbuhan utu sendiri. Gerak nasti sebagai berikut;

  • Seismonasti yaitu rangsangan berupa sentuhanata getara, contohnya gerak mengatupnya daun si kejut karena disentuh.
  • Niktinasi yaitu rangsangan berupa suasana gelap, contohnya gerak mengatupnya daun petai cina pada malam hari.
  • Termonasti yaitu rangsangan berupan panas, contohnya mekarnya bunga tulip bila suhu lingkungan mendadak mengalami kenaikan dan akan menguncup bila temperaturnya menurun
  • Fotonasti yaitu rangsangan berupa cahaya, contohnya mekarnya bunga pukul empat (Mirabillis jalapa) pada sore hari.

Mudah-mudahan postingan "Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan" ini dapat bermanfaat untuk admin dan juga pembaca, serta membawa berkah. sekian dulu dari admin selamt beraktifitas. 

Post a Comment

0 Comments