Peranan Pers Menurut UU dan Ahli

Pada kesempatan kali ini, ane bakalan ngebagiin mengenai "Peranan Pers Menurut UU dan Ahli", langsung saja di simak postingan kali ini.
peranan pers pelajar kampus

Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang pers, peranan Pers Nasional adalah yaitu sebagai berikut.

  1. Memenuhi hak masyarakat untu mengetahui
  2. Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supermasi huku, dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan.
  3. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar.
  4. Melakukan pengawasan, kriti, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
  5. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Sedangkan Jacob Oetama, dalam konteks masyarakat indonesia, pers mempunyai peran khusus yaitu sebagai berikut.

  1. Tugas untuk memperkuat dan mengkreatifkan konsensus-konsensus dassar nasional. Ini penting karena umumnya negara sedan berkembang adalah bangsa yang masih membutuhkan konsensus dasar bagi perekat integrasi nasional. Itulah infrastruktur kejiwaan bagi pembangunan bangsa.
  2. Pers perlu mengenal masalah-masalah sosial yang peka dalam masyarakatnya. Bukan untuk didiamkan, juga bukan serta merta dibeitakan begitu saja. Perlu diusahakan pemecahannya bersama pemerintah dan masyarakat secara bijaksana dengan tetap berorientasi maju.
  3. Pers perlu menggerakkan prakarsa masyarakat, memperkenalkan usaha-usahanya sendiri, dan menemukan potensi-potensinya yang kreatif dalam usaha memperbaiki perikehidupannya.
  4. Pers menyebarluaskan dan memperkuat rasa mampu masyarakat untuk mengubah nasibnya sendiri.
  5. Kekurangan, kegagalan, serta korupsi dilaporkan bukan untuk merusak dan membangunkan rasa pesimis, tetapi untuk koreksi dan pembangkitkan kegairahan dan selalu melangkah maju. Karena itu harus ersedia mengoreksi diri dan dikoreksi.
Peranan Pers Menurut UU dan Ahli
Itulah sedikit mengenai "Peranan Pers Menurut UU dan Ahli", mudah-mudahan bermanfaat dan membawa berkah untuk admin dan agan semua.

Post a Comment

0 Comments