Fungsi Pers Secara Umum

Pada kesempatan kali ini, ane bakalan ngebagiin mengenai "Fungsi Pers Secara Umum", gak usah banyak kata pengantar, langsung saja di simak.

fungsi pers pelajar kampus

Secara umum fungsi pers adalah sebagai beriktu.
1. Memberi informasi, pers mempunyai fungsi untuk memberi informasi atau kabar kepada masyarakat atau pembaca melalui tulisan-tulisannya pada setiap edisi. Pers memberikan informasi yang beraneka ragam. Dengan membaca surat kabar, majalah, tabloid mingguan, melihat televisi, dan mendengarkan radio, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, pers berfungsi memberikan informasi.
2. Medidik. Melalui berbagai macam tulisan atau pesan yang dimuat, pers dapat mendidik masyarakat atau pembaca. Dengan demikian, pers mempunyai kontribusi yang penting dalam memberikan pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3. Memberi kontrol. Pers di tengah-tengah masyarakat mempunyai peran sebagai kontrol sosial. Dengan tulisan-tulisan, pers dapat melaksanakan atau memberikan kontrol sosial dan menyampaikan berbagai kritik yang besifat membangun yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Berbagai penyimpangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dapat diberikan kontrol, kritik, dan sebagainya secara meluas dan mendalam. Dengan demikian, kerugian yang dialami masyarakat dapat ditekan dan dikurangi atau bahkan dihilangkan. Karena besarnya pengaruh pers dalam memengaruhi opini publik, dapat dikatakan bahwa pers  merupakan kekuatan keempat atau pilar demokrasi yang patut diperhitungkan setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
4. Menghubungkan atau menjembatani. Pers mempunyai fungsi sebagai penghubung atau jembatan antaran masyarakat dan pemerintah atau sebaliknya. Komunikasi yang tidak dapat disalurkan melalui jalur atau kelembagaan yang ada, dapat disalurkan melalui pers.
5. Memberi hiburan. Pers melalui tulisan-tulisannya dapat memberikan hiburan kepada masyarakat. Menghibur bukan dalam hal-hal yang lucu saja, melainkan dalam arti yang luas, seperti menimbulkan rasapuas, menyenangkan, dan membanggakan.
6. Sebagai wahana komunikasi massa. Pers nasional sebagai sarana komunikasi antarwarga negara, warga negara dengan pemerintah, antar sesama lembaga pemetintah , dan antar berbagai pihak.
7. Sebagai pembentuk opini. Informasi atau berita yang disajikan oleh pers dapat membentuk opini publik. Oleh karena itu, pers harus menyampaikan segala sesuatu dengan benar, sehingga tidak akan menimbulkan kebohongan publik.
8. Memotivasi atau menggerakka. Pemberitaan atau sajian tertentu dalam media massa akan dapat memotivasi dan menggerakkan seseorang atau phak tertentu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu kegiatan/perbuatan.

Itulah sedikit mengenai "Fungsi Pers Secara Umum", mudah-mudahan bermanfaat untuk agan semua dan membawa berkah untuk admin.

Post a Comment

0 Comments